Survei Pilkada: Jokowi Menang Tipis dari Foke

Foke dan Jokowi, Hasil Pilkada DKI Jakarta, Survei Pilkada

Sama dengan hasil lembagai survei lainnya, Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pun mengumumkan hasil survei Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan dimenangkan pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama. Namun kemenangan pasangan yang didukung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra ini hanya tipis dari pesaingnya, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

"Periode tanggal 10 sampai 14 September 2012, dapat diketahui pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memperoleh sebanyak 47,56 persen. Sementara pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli memperoleh 44,90 persen suara, sedangkan 7,54 persen suara masih tidak tahu," kata Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid di Double Bay Cafe, Menteng, Jakarta, Senin, (17/9/2012).

Sementara untuk prediksi prosentase partisipasi dalam Pilkada DKI putaran kedua pada Kamis (20/9/2012) mendatang, dikatakan Husin, sangat tinggi angkanya.

"Partisipasi untuk ikut Pilkada besok sangat tinggi sebesar 74,89 persen. Sementara itu yang tidak ikut sebanyak 1,36 persen, dan sebanyak 23,75 persen tidak tahu," katanya.

Ia mengatakan, faktor ketokohan Jokowi masih sangat kuat yang menyebabkan perolehan suara untuk Jokowi-Basuki masih tinggi.

"Pak Jokowi masih unggul, jika saja Minggu kemarin diadakan Pilkada maka Jokowi unggul. Pengaruh trend naiknya Jokowi maupin Foke, 60 persen karena figur dan 40 persen karena mesin politik, jadi figur itu masih sangat berpengaruh," kata Husin.

Survei ini diikuti 1.250 responden dengan margin error sebesar 2,8 persen.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta yang juga calon petahana Fauzi Bowo merasa bahagia melihat hasil survei beberapa lembaga yang menyatakan posisinya dengan pesaingnya, Joko Widodo memiliki kekuatan yang seimbang.

"Alhamdulilah lihat hasil surveinya, putaran pertama kan saya ketinggalan jauh, jadi saya bersyukur berhasil mendapatkan kepercayaan warga untuk kembali ke posisi seimbang," kata pria yang akrab disapa Foke itu di Balaikota.

Selain itu, Foke juga mengharapkan agar di hari pemungutan suara nanti, Kamis (20/9/2012) mendatang, Jakarta bisa mendapatkan pemimpin terbaiknya.

"Survei itu kan ada margin error, nanti kita lihat. Harapan saya, mudah-mudahan pada tanggal 20 nanti yang terbaik yang menjadi pemenang," ujar Foke.



Kodokoala: Berita

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Survei Pilkada: Jokowi Menang Tipis dari Foke"

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.