Inilah Sejarah Kata "Gua" dan "Lu"

Seperti kita tahu bahwa GUA dan LU adalah kata kata gaul yang marak digunakan remaja remaja masa era tahun 70 hingga sekarang.


Gua-Lu

Kebanyakan orang mengatakan bahwa GUA dan LU adalah sebuah bahasa baru/ sebuah bahasa gaul ,nyatanya bahasa ini telah ada di Indonesia sejak abad ke-16.

Ini semua bermula dari imigran imigran dari China, dan perdagangan perdagangan negara China yang memang berpusat di Indonesia.


Gua dan lu (dari 我 Hokkien 'goa' dan 'lu / li' 你 - yang berarti "Saya / aku 'dan' kamu ')

Bahasa tersebut muncul dari Bahasa Mandarin Hokien (yang telah disederhanakan ) dan mendapat modifikasi diberbagai daerah seperti menjadi GUE, LU, atau GUA dan LO.,beberapa Bahasa China yang juga masih digunakan di Indonesia antara lain:

  • Pisau (匕首 bǐshǒu - pisau)
  • Loteng, (楼 / 层 = lou / Ceng - [atas] lantai / tingkat),
  • mie (面> 面 Hokkien mI - mie​​),
  • lumpia (润 饼 (Hokkian = lun-pia ⁿ) - springroll),
  • cawan, (茶碗 cháwǎn - cangkir),
  • Teko (茶壶> 茶壶 = cháhú [Mandarin ], Teh-ko [Hokkian] = poci),
  • 苦力 kuli = 苦 Khu (pahit) dan 力 li (energi)

Jadi, kesimpulannya ialah Kata "Gue" dan "Lu" bukanlah bahasa baru/gaul seperti yang selama ini kita pikir, tetapi Kata "Gue" dan "Lu" adalah bahasa serapan yang berasal dari China. Oke, that's it!



Kodokoala: Wawasan

Berlangganan Artikel Melalui Email Gratis:

0 Komentar untuk "Inilah Sejarah Kata "Gua" dan "Lu""

Posting Komentar

Perhatian!
Silahkan beri komentar Anda dengan sopan tanpa menyinggung agama atau ras tertentu.

Jika ingin menyertakan tautan/link menuju situs web tertentu, harap komentar yang berhubungan dengan topik agar komentar Anda bisa kami publikasikan. Terima kasih.